Program Studi Pendidikan Ekonomi

Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu Program Studi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berdiri pada tahun 2007 dengan SK Pendirian SKEP/61B/BAU-UNIBA/VI/2017. Program Studi Pendidikan Ekonomi sudah terakreditasi BAN-PT dengan nomor 091/SK/BAN-PT/AK-XV/S/II/2013 pada tanggal 21 Februari 2013. Seiring dengan visi Universitas Balikpapan untuk menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) berbasis riset terdepan di Kalimantan Timur yang mendukung sektor industri jasa. Program studi Pendidikan Ekonomi mempunyai visi menjadi Program Studi Pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan yang KOMPROMI (kompeten, profesional, dan mandiri berjiwa kewirausahaan) dalam bidang Pendidikan Ekonomi di Kalimantan Timur.

Tenaga pengajar pada Program Studi Pendidikan Ekonomi sebanyak 8 orang dosen tetap. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2 orang bergelar doktor dan 6 orang bergelar master. Semua dosen tetap memiliki bidang keahlian sesuai dengan mata kuliah yang diampunya. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh dosen mendorong mahasiswa untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuannya sehingga menjadi lulusan yang kompeten, profesional dan mandiri serta mampu bersaing dalam bidang pendidikan Ekonomi. Keberhasilan ini ditunjukkan oleh nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan lama studi. Tenaga kependidikan di lingkungan Program Studi Pendidikan Ekonomi berjumlah 3 orang telah dibekali kompetensi dalam melakukan pelayanan prima sehingga berperan mendukung pelaksanaan operasional Program Studi.

Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi 70% telah bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya yaitu Guru, 30% bekerja pada perusahaan swasta (Bank, Konsultan) dan Wiraswasta. Berdasarkan hasil pelacakan lulusan atau tracer study  tahun 2016 yang diisi oleh pengguna lulusan (kepala sekolah, pimpinan perusahaan) menyatakan lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi memiliki 7 kompetensi lulusan dengan nilai sangat baik. Adapun 7 kompetensi lulusan meliputi: integritas etika, moral dan spititual sebesar 15% dengan skor 3,73 (sangat baik), kemampuan yang baik dan sangat baik dalam menerapkan keahlian berdasarkan bidang ilmunya adalah 14% dengan skor 3,56 (sangat baik), Penguasaan bahasa asing 11% dengan skor 2,77 (Baik), penggunaan teknologi informasi 15 persen dengan skor 3,73 (sangat baik), Keterampilan komunikasi 15% dengan skor 3,82 (sangat baik), Keterampilan kerjasama tim 15% dengan skor 3,59 (sangat baik), Kemampuan pengembangan diri 15% dengan skor 3,64 (sangat baik).